5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android Dan Cara Mengatasinya

5 Aplikasi Paling Boros Baterai AndroidTEKNOKITA.COM Salah satu kelemahan smartphone dibanding ponsel featured phone (ponsel jadul jaman 2000an) adalah pada borosnya daya baterai yang dimiliki. Smartphone saat ini memang menawarkan teknologi yang sangat maju dan tidak bisa dijumpai pada ponsel featur pada jaman dulu. Namun teknologi itu sendiri justru memakan banyak sumber daya baterai yang dimiliki.

Terlebih pada smartphone berbasis android. OS android sendiri dikenal sudah cukup banyak memakan sumber daya baterai smartphone. Apalagi ditambah dengan pemakaian aplikasi yang dipasang pada smartphone. Mungkin dari kebanyakan aplikasi mempunyai daya pakai baterai yang normal atau standart, namun dari beberapa aplikasi tersebut mempunyai kebiasaan untuk memakan beban berlebih pada daya baterai yang ada.

Aplikasi-aplikasi android ini cenderung untuk sangat membebani konsumsi baterai saat aplikasi tersebut dihidupkan. Terlebih dari aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang selalu hidup, jadi pengguna smartphone android tentu harus siap dengan kondisi bahwa baterai android yang dimilikinya akan cepat habis.

5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android

5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android 2

Daftar 5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android

Beberapa aplikasi ini biasanya sudah terinstal secara default pada ponsel / smartphone android saat baru di beli. Aplikasi yang suka makan baterai secara boros di android akan kami ulas pada ulasan kami dibawah ini.

1. BBM (BlackBerry Messenger)

Aplikasi pertama yang sering kali suka membebani source baterai dan justru tidak banyak pengguna smartphone android yang tahu adalah BBM (BlackBerry Messenger). Aplikasi sosial messenging ini dulunya merupakan aplikasi eksklusif pada smartphone Blackberry. Namun seiring mundurnya peminat Blackerry pihak pengembang membuka akses untuk bisa dijalankan pada perangkat berbasis OS lain, seperti Android (Google), iOs (Apple) dan Windows Phone (Microsoft).

BlackBerry Messenger

5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android HA

Baca juga : Download BBM3 Apk, Satu android 2 pin BBM

BBM (BlackBerry Messenger) ini sudah terbukti bahwa BBM membuat baterai boros. Kenapa? Bisa dilihat dari pemakaian RAM-nya, BBM sudah memakan RAM sangat besar, dan prosesnya yang terus berjalan mulai dari menerima invite, chat, broadcast, update status (timeline) yang membuat borosnya baterai di Android.

 

2. Facebook

Ditempat kedua ada Facebook. Facebook dulunya merupakan aplikasi web dengan basis web di dekstop pada perangkat komputer atau laptop, namun seiring dengan kemajuan teknologi pada smartphone. Facebook kini bisa diakses pada beragam perangkat. Desktop, Mobile dan Tablet.

Aplikasi Facebook juga termasuk sebagai aplikasi pemakan baterai cukup besar, karena prosesnya yang cukup banyak, seperti notifikasi pesan, tambah pertemanan, pemberitahuan dan lain-lain. Hanya saja, Facebook masih ada fitur menonaktifkan pemberitahuan, sehingga pemakaian baterai masih bisa dihemat dengan menggunakan fitur ini.

Facebook

facebook-logo

Solusinya, Jika Smartphone kamu benar-benar boros, kamu bisa meng-uninstall aplikasi Facebook ini, dan menggunakan Facebook di Browser mobile sebagai alternatif.

Simak juga aplikasi browser paling populer saat ini : Browser Android Terbaik, 6 Aplikasi Browser Tercepat Teringan

 

3. Google Maps

Google Maps (dan segala aplikasi berbentuk Maping dan menggunakan GPS)

Kenapa Google Maps didaulat sebagai Aplikasi yang memakan baterai hingga menjadi boros? Pertama. Karena Google Maps menggunakan fitur GPS, dimana fitur ini paling haus akan sumber daya. Kedua. Google Maps melakukan tracking ke setiap daerah yang dirayapi pengguna, maka secara tidak langsung penggunakan melakukan download pada setiap peta yang ingin dilihat.

Google Maps

google-maps-logo
Tidak hanya Google Maps, Aplikasi Maping seperti Waze dan semacamnya juga merupakan aplikasi yang boros baterai.

 

4. Email Client (GMail, Yahoo! Mail, dll)

Aplikasi Email seperti Gmail dan Yahoo Mail memang menjadi salah satu pemakan baterai di Android. Pasalanya, jika fitur sinkronisasi diaktifkan, Aplikasi tersebut akan secara berkala mengecek email yang masuk, dan hal tersebut tentu akan memakan sumber daya baterai, karena setiap saat sumber daya digunakan untuk mengecek email.

Solusinya adalah mematikan fitur auto-sinkronisasi, dengan begini, kamu bisa mengecek email secara manual dan tidak akan mendapatkan notifikasi secara real-time.

Email Client

5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android

 

5. Game Online atau Game dengan Grafik 3D

Salah satu faktor baterai android cepat habis adalah penggunaan aplikasi game, apalagi game 3D. Game dengan kualifikasi grafis 3 dimensi memang sangat menguras daya baterai yang dimiliki smartphone. Game dengan grafis 3D atau HD akan lebih cepat menghabiskan source baterai ketimbang dengan game yang tidak 3D. Perlu juga diwaspadai bahwa game yang membutuhkan koneksi internet juga membutuhkan sumber daya baterai yang lebih dari pada game yang tidak.

Game HD

game-android-3d
Tidak usah disebutkan lagi kenapa, tentu dengan menggunakan Internet dan Grafik 3D, Android akan bekerja lebih keras sehingga baterai bisa lebih cepat habis.

.

Harga Hp 2017

 
Chrome BrowserGunakan Google Chrome Browser untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajahi situs TeknoKita.com

.
tags : 5 Aplikasi Paling Boros Baterai di BB, 5 Aplikasi Paling Boros Baterai android, 5 Aplikasi Paling Boros Baterai apple, 5 Aplikasi Paling Boros Baterai iphone, 5 Aplikasi Paling Boros Baterai di nokia, 5 Aplikasi Paling Boros Baterai di microsoft lumia,

Content Protection by DMCA.com
5 Aplikasi Paling Boros Baterai Android Dan Cara Mengatasinya | Tekno Kita | 4.5

Leave a Reply